Pages

Rabu, 10 November 2010

ASTHABRATA versi HIMATEK

ASTHABRATA versi HIMATEK

Astabratha adalah nilai yang dianut oleh HIMATEK. Astabratha adalah istilah yang diserap dari bahasa sanskerta yang bermakna 8 ajaran kebajikan.
Sesuai artinya, Astabratha HIMATEK terdiri dari 8 nilai :
1. Spiritualitas
2. Integritas
3. Intelektualitas
4. Solidaritas
5. Entrepreneurship
6. Professionalitas Kerja
7. Dedikasi
8. Ketekunan.

Spiritualitas, artinya Mahasiswa Teknik Komputer harus memiliki spiritualitas, yang tidak hanya menjadi pengetahuan, tetapi diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya sebagai mahasiswa.

Integritas, artinya mahasiswa Teknik Komputer harus memiliki perasaan menyatu dengan prodi Teknik Komputer dan Politeknik Telkom. Dengan memiliki integritas, mahasiswa akan memiliki kebanggaan menjadi mahasiswa Teknik Komputer dan Politeknik Telkom, dan segala tindakannya akan diorientasikan untuk meningkatkan nama baik prodi dan kampus.

Intelektualitas, artinya mahasiswa Teknik Komputer harus cerdas, dan cepat tanggap dalam menghadapi situasi yang berkembang baik di lingkungan kampus maupun di masyarakat.
Solidaritas, artinya mahasiswa Teknik Komputer harus mempunyai rasa persaudaraan yang tinggi terhadap sesama mahasiswa Teknik Komputer, maupun terhadap mahasiswa prodi lain, dan lebih luas lagi, terhadap sesama manusia di lingkungannya.

Entrepreneurship, artinya mahasiswa Teknik Komputer harus mampu berusaha mandiri. Berdiri dengan kaki sendiri (Berdikari), tidak tergantung kepada orang lain. Perubahan paradigma lulusan perguruan tinggi dari ‘job seeker’ menjadi ‘job creator/job maker‘ harus disikapi dengan memulai usaha di lingkungan kampus, sebelum berkecimpung dalam usaha yang lebih besar.

Professionalitas kerja, artinya dalam bekerja, mahasiswa Teknik Komputer harus dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya dengan menjunjung tinggi etiket dan etos kerja yang berlaku. Kemampuan ini (soft skill) harus mulai dilatih sejak di lingkungan kampus.

Dedikasi, artinya mahasiswa Teknik Komputer harus dapat bekerja dengan penuh pengabdian. Give your best effort, and you will raise the best result.

Ketekunan, artinya mahasiswa Teknik Komputer harus dapat menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi dengan ulet, rajin, dan tuntas. Kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas. Ini yang harus menjadi prinsip yang dipegang mahasiswa Teknik Komputer, baik dalam kehidupannya sebagai mahasiswa, maupun sebagai warga masyarakat nantinya.

nilai tersebut merupakan karakteristik dari anak-anak HIMATEK atau pun Teknik Komputer di POLITEKNIK TELKOM, oleh karena itu bagi anda yang merasa berasal dari prodi Teknik Komputer harus mempunyai nilai tersebut.

Salam HIMATEK
Grenn Your Mind

Tidak ada komentar: