Pages

Minggu, 27 Juni 2010

APSI part II (Diagram Sequence & Diagram Status)

hari demi hari telah dilalui dan tugas pun semakin banyak berlimpah dan sebagai mahasiswa kita harus bisa menaklukan tugas itu bagaimana pun caranya. seperti halnya tugas besar APSI, ya sekali lagi saya akan menjelaskan perjalanan Tugas Besar ini. setelah bergulat dengan pengerjaan Use Case, Diagram kelas, dan Diagram Objek kelompok kami pun berlayar dan meneruskan pengerjaan ke tahap berikutnya yaitu Diagram Sequence dan Diagram Status. apa itu Diagram sequence ?
diagram sequence itu menggambarkan prilaku objek pada use case dengan mendeskripsikan waktu hidup objek dan message yang dikirimkan dan diterima antar objek. Banyaknya diagram sequence yang harus digambar adalah sebanyak pandefinisian use case yang memiliki proses sendiri, semakin banyak use case yaang didefinisikan maka diagram sequence yang harus dibuat semakin banyak juga. berikut saya tampilkan contoh diagram sequence :


Diagram Sequnce.

Setelah selesai diagram sequence selanjutnya kami beralih ke Diagram status. Diagram status itu sendiri merupakan diagram yang menunjukan kondisi yang dapat dialami atau terjadi pada sebuah objek sehingga setiap objek memiliki sebuah diagram status. Diagram status menggambarkan seluruh status yang memungkinkan objek-objek dalam class dapat dimiliki dan kejadian-kejadian yang menyebabkan status berubah. perubahan dalam suatu status disebut juga transisi.

Diagram Status

Tidak ada komentar: